Kenapa Harus Belajar Pemrograman

Program Komputer

Program komputer adalah susunan instruksi yang mengatur atau memerintah jalannya komputer. Pemrograman komputer merupakan sebuah seni dan ilmu pengetahuan untuk mendesain/merancang dan menulis program.

Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Pemrograman

Di masa yang lalu secara luas banyak yang percaya bahwa untuk memasuki zaman komputer hampir semua orang harus belajar bagaimana cara memprogram. Tetapi anggapan tersebut tidak dapat dibenarkan, karena dimasa sekarang komputer sudah memiliki perangkat lunak yang mudah digunakan dan tidak memerlukan keahlian dalam pemrograman.

Alasan lain untuk belajar pemrograman mungkin untuk berkarir sebagai ilmuwan komputer. Bagaimanapun juga, walaupun pemrograman adalah satu perlengkapan utamanya (primary tools), ilmu komputer adalah disiplin ilmu yang luas dan bermacam-macam, dimana meliputi dari persoalan engineering, seperti desain processor, persoalan yang berhubungan dengan matematik, dan performance analysis. Banyak ilmuwan komputer yang mengerjakan sedikit atau tidak sama sekali sebagai bagian dari hari kerja mereka. Jika Anda merencanakan untuk mengambil ilmu komputer sebagai yang utama ataupun tambahan, tentu saja Anda akan belajar pemrograman, tetapi untuk berkarir dibidang komputasi tersedia bagi programmer maupun nonprogrammer.

Dan terakhir alasan terbaik kenapa untuk belajar pemrograman adalah kreativitasnya dan kegiatan pemecahan masalah yang menyenangkan. Salah satu pikiran terbaik tentang pemrograman adalah Anda melihat dengan sebenarnya dan merasakan pengalaman dalam menjalankan program dari solusi yang Anda buat. Mendesain dan membangun program yang dibuat dengan baik akan menyediakan pengertian yang kuat dalam penyelesaian dan kepuasan.

Jadi bagi Anda yang tertarik dengan dunia pemrograman, mulailah dari sekarang untuk belajar pemrograman, dan cobalah untuk menyelesaikan suatu permasalahan lalu diimplementasikan ke dalam program.

Sumber

Morelli, R., Walde R., “Java, Java, Java™: Object-Oriented Problem Solving, Third Edition”, Prentice-Hall, 2005

Download

Anda dapat men-download tulisan pada link di bawah ini:

ghanoz2480-kenapa-harus-belajar-pemrograman (PDF)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s