Cara terbaik untuk memperbarui sumber kode aplikasi yang lama

Semalam saya ragu bagaimana memperbarui sumber kode aplikasi yang lama. Singkat cerita, aplikasi ini adalah aplikasi web yang dihasilkan melalui generator-angular-fullstack. Saya sudah cukup lama menggunakan generator tersebut untuk membangun struktur aplikasi yang berbasis MEAN stack. Semalam merupakan titik dimana saya harus memperbaharui sumber kode aplikasi dengan versi generator yang baru (v2.x). Penyempurnaan yang dilakukan oleh kontributor generator tersebut cukup signifikan, terutama pada struktur aplikasi yang lebih modular. Jadi, alasannya cukup masuk akal, apalagi aplikasi yang sedang saya kerjakan akan memuat beberapa fitur baru.

Untuk memperbaharui ada beberapa cara yang sebelumnya sudah saya pikirkan sekaligus ditanyakan kepada kontributor. Berdasarkan issue (pertanyaan) yang saya buat tadi malam, berikut cara terbaik memperbaharui sumber kode yang dihasilkan melalui generator-angular-fullstack:

  • Jika sumber kode yang dihasilkan melalui generator v1.x, maka proses pembaharuan harus dilakukan secara manual dengan copy paste sebagian kode yang penting ke sumber kode aplikasi baru yang dihasilkan melalui generator v2.x. Konsekuensi penerapan cara ini mengharuskan saya untuk teliti dan menggunakan waktu yang relatif lebih banyak.
  • Jika sumber kode yang dihasilkan melalui generator v2.x, maka proses pembaharuan cukup mengulang proses pembuatan dengan mengeksekusi yo angular-fullstack pada direktori sumber kode aplikasi

Semoga teman-teman yang kebetulan juga menggunakan generator ini mendapatkan manfaat dari catatan saya ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s