Navigasi filesystem dengan autojump

Sebagai pengguna setia command line interface (CLI), saya sering sekali berpindah dari satu direktori ke direktori lainnya. Untuk direktori yang letaknya tidak begitu dalam, mungkin tidak jadi masalah. Bagaimana dengan direktori yang punya kedalaman seperti berikut:

/a/b/c/d/e/f/g/h

Bisa terbayang kan berapa banyak tombol Tab yang harus saya tekan. Di momen seperti ini saya butuh autojump untuk mengurangi jumlah tombol keyboard yang harus ditekan dan mempercepat navigasi. Dengan autojump, saya bisa loncat kesana kemari, dan ternyata sangat berguna. Untuk pindah ke direktori h saya hanya perlu tekan:

j h

Mantap kan? Makanya, kalau teman-teman sekalian adalah pengguna setia CLI, coba pakai autojump. Detail lanjut bagaimana instalasi dan cara pakainya, silahkan kunjungi situs proyeknya di GitHub.

Leave a Reply

