Sudah zamannya setor kode

Kalau saya cerita pada kalian bahwa sudah bukan zamannya setor muka di kantor, bisa jadi kalian percaya atau bahkan tertawa. Kalau saya cerita pada kalian sudah menjadi rahasia umum kalau di beberapa instansi agar bisa dianggap bekerja harus “setor muka ke kantor” walaupun yang bersangkutan sama sekali tidak bekerja, bisa jadi kalian percaya atau bahkan tertawa juga.

Beberapa waktu yang lalu saya sedikit curhat kalau ngantor nggak harus di kantor, dan ini adalah hal yang menyenangkan berdasarkan pengalaman saya bekerja selama 2 tahun terakhir ini. Saya yang berprofesi sebagai software engineer seringkali terlibat dalam aktivitas coding dengan tim yang mempunyai karakteristik mobilitas yang tinggi dari setiap anggotanya, dan bahkan saya juga terlibat dalam tim yang anggotanya terdiri dari beberapa lokasi di dunia. Dengan kondisi tim yang seperti itu praktek setor muka di kantor tidak berlaku lagi.

Dengan kondisi yang saya ceritakan sebelumnya, sebagai orang yang berprofesi sebagai software engineer dan terlibat aktif dalam aktivitas coding, praktek setor kode adalah keharusan dan prioritasnya lebih tinggi dibandingkan praktek setor muka. Untuk mempraktekkan setor kode kita perlu menyediakan source code repository. Konon masih banyak orang yang saya jumpai belum tahu tentang source code repository, kalau para pembaca sekalian belum tahu juga bisa cari referensinya via Google dengan kata kunci source code repository atau source code management tools.

Konon seorang software enginner pernah berkata:

Setor muka di kantor itu pilihan, setor kode di source code repository itu adalah keharusan. *

*) Syarat dan ketentuan berlaku

Leave a Reply

