Kalau ada yang bertanya apa itu Node.js

Terkadang setiap kali saya sedang mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan Node.js, mereka kebanyakan bertanya apa itu Node.js. Sepengalaman saya bertemu dengan orang-orang tertentu disini (Bandung atau mungkin di sekitaran seluruh Indonesia), banyak yang belum familiar dengan Node.js. Dulu saya pernah menulis blog post Bagaimana agar saya bisa dengan mudah menjawab apa itu NodeJS, tetapi rasanya masih kurang mudah untuk menjelaskan apa itu Node.js dengan mudah.

Dengan kondisi seperti itu, jika di masa yang akan datang ada teman saya yang menanyakan apa itu Node.js, maka jawaban saya kira-kira akan seperti kutipan di bawah ini:

Teman: Apa itu Node.js?

Ghanoz: Node.js adalah sebuah platform

Teman: Platform untuk apa?

Ghanoz: Untuk membuat fast, scalable network applications.

Teman: Bagaimana Node.js bisa mengklaim dengan menggunakan platform tersebut kita bisa dengan mudah membangun fast, scalable network applications?

Ghanoz: Karena Node.js menggunakan event-driven, non-blocking I/O model yang membuat platform ini ringan dan efisien.

Teman: Node.js itu cocoknya dipakai untuk membangun apa sih?

Ghanoz: Node.js itu cocok untuk membangun data-intensive real-time applications that run across distributed devices

Bagaimana? Kira-kira skenario tanya jawab di atas lebih mudah untuk dipahami nggak ya?

Catatan: Jawaban yang dipakai dalam tanya jawab dari skenario di atas saya kutip dari situs resmi Node.js.

8 thoughts on “Kalau ada yang bertanya apa itu Node.js

  1. Pingback: Cerita dari Acara Bandung Engineering Meetup July 2013: Javascript Technologies | Petra's Blog

Leave a Reply

