Git: Merubah commit message

Salah Ketik di Commit Message

Selalu menyenangkan rasanya saat sudah menyelesaikan sesuatu atau membuat sesuatu menjadi sedikit lebih baik. Sehari-hari saya biasa menggunakan Git untuk mengelola source code dari perangkat lunak yang saya kerjakan.

Terkadang saat saya commit progress terakhir ada saja salah ketik yang saya temukan di commit message, misalnya:

Enhance the custom outputr

Padahal seharusnya:

Enhance the custom output

Pada dasarnya saya adalah manusia yang tidak luput dari kesalahan. Lalu bagaimana saya memperbaiki kesalahan kecil ini? Pada prakteknya saya akan merubah commit message jika hasil perubahan terakhir belum saya push ke remote repository. Detail dari langkah-langkah tersebut akan saya jelaskan di bagian selanjutnya. Perlu diingat saya melakukan perubahan ini melalui Git command line interface.

Let’s Rebase!

Sebut saja commit message yang salah ketik tersebut berada di urutan teratas, jadi saya akan menjalankan perintah berikut untuk melakukan rebase dan menerapkan perintah reword untuk melakukan perbaikan commit message:

git rebase -i HEAD~1

Dan berikut keluaran yang dihasilkan setelah menjalankan perintah di atas:

pick 900af11 This a freakin typo commmmmmmmmmmit message.

# Rebase 6e8d7a9..900af11 onto 6e8d7a9
#
# Commands:
# p, pick = use commit
# r, reword = use commit, but edit the commit message
# e, edit = use commit, but stop for amending
# s, squash = use commit, but meld into previous commit
# f, fixup = like “squash”, but discard this commit’s log message
# x, exec = run command (the rest of the line) using shell
#
# These lines can be re-ordered; they are executed from top to bottom.
#
# If you remove a line here THAT COMMIT WILL BE LOST.
# However, if you remove everything, the rebase will be aborted.
#

Lalu, terapkan perintah reword dengan mengganti kata pick menjadi reword, berikut hasil penerapan perintahnya:

reword 900af11 This a freakin typo commmmmmmmmmmit message.

Setelah itu, simpan perubahan dan selanjutnya akan ditampilkan keluaran berikut:

GNU nano 2.2.6 File: .git/COMMIT_EDITMSG

This a freakin typo commmmmmmmmmmit message.

# Please enter the commit message for your changes. Lines starting
# with ‘#’ will be ignored, and an empty message aborts the commit.
# Not currently on any branch.
# Changes to be committed:
# (use “git reset HEAD^1 <file>…” to unstage)
#
# new file: typo.md
#

Ini adalah dimana saat saya merubah salah ketik di commit message, perbaiki salah ketik, simpan dan berikut keluaran yang dihasilkan selanjutnya jika perubahan berhasil:

[detached HEAD d5ff896] This a freakin typo comit message.
0 files changed
create mode 100644 typo.md
Successfully rebased and updated refs/heads/development.

Itu saja, semoga membantu.

2 thoughts on “Git: Merubah commit message

Leave a Reply

