Bagaimana agar saya bisa dengan mudah menjawab apa itu NodeJS

Hello there

Bagaimana agar saya bisa dengan mudah menjawab apa itu NodeJS? Ya, judul tulisan yang saya buat kali ini juga menjadi pertanyaan yang terus muncul di kepala saya selama sehari penuh. Galau? Mungkin.

Cerita dibalik apa itu NodeJS

Akhir-akhir ini ketika saya sedang asyik mengerjakan bagian back end yang dibangun dengan NodeJS, terkadang orang menyapa saya dan bertanya “Apa kabar? Sedang sibuk apa?” Saya jawab “Alhamdulilah baik dan saya sedang menulis kode untuk aplikasi NodeJS yang sedang saya kerjakan”. Pada umumnya begitulah pertanyaan sapaan yang muncul dan begitu pula jawaban sapaan umum yang saya berikan. Coba tebak, dari percakapan umum yang sudah saya ceritakan sebelumnya, dan dari sekian banyak orang dengan latar belakang yang berbeda selalu bertanya kepada saya “Apa itu NodeJS?“.

Bagaimana saya bisa dengan mudah menjelaskan apa itu NodeJS

Dari sekian banyak pertanyaan “Apa itu NodeJS?” Saya masih mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan itu dengan relatif sederhana dan mudah untuk dimengerti. Beberapa jawaban yang pernah saya berikan pada umumnya menjawab bahwa NodeJS itu adalah back end platform untuk membuat aplikasi real time. Dapatkah Anda dalam waktu yang relatif singkat bisa memahami maksud “back end platform untuk membuat aplikasi real time“? Bisa ya, atau juga tidak!

Jadi, setelah menyelesaikan tulisan ini, saya akan mencoba untuk menjawab setiap pertanyaan “Apa itu NodeJS?” dengan cara yang berbeda. Bagaimana caranya? Sebelum saya mencoba untuk menjawab “Apa itu NodeJS?” Saya akan menjawab terlebih dahulu “Siapa yang bertanya dan apa latar belakangnya?“.

Jika orang yang bertanya adalah orang yang sangat familiar dengan teknologi perangkat lunak maka saya akan menjawab:

NodeJS adalah platform untuk membangun scalable network applications yang menggunakan model event-driven, non-blocking I/O.

Jika orang yang bertanya adalah orang yang cukup familiar dengan teknologi perangkat lunak maka saya akan menjawab:

NodeJS adalah platform untuk membangun data-intensive real-time applications.

Jika orang yang bertanya adalah orang yang tidak begitu familiar dengan teknologi perangkat lunak maka saya akan menjawab:

NodeJS adalah platform untuk membangun aplikasi server
atau
NodeJS adalah platform untuk membangun real-time applications

Dan jika Anda bertanya “Apakah sesederhana itu jawaban yang bisa saya gunakan untuk menjawab pertanyaan Apa itu NodeJS?” Ya! Tentu saja dari jawaban pertanyaan yang relatif sederhana itu akan memunculkan pertanyaan lain, diskusi menarik lain dan akan berakhir di pertanyaan  “Kenapa perlu menggunakan NodeJS? Di saat kondisi seperti apa NodeJS perlu digunakan?

Apa kalian tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang NodeJS? Cari tahu di nodejs.org. Punya jawaban “Apa itu NodeJS?” yang lebih menarik? Jangan ragu untuk menjawabnya di bagian komentar tulisan ini!

13 thoughts on “Bagaimana agar saya bisa dengan mudah menjawab apa itu NodeJS

  1. Hi Noz,
    aku mau nanya nih, bisa jelasin ga yg kamu quote itu = ““back end platform untuk membuat aplikasi real time“?”
    apakah yang kamu maksud aplikasi real time itu untuk monitoring server yang memang butuh realtime, atau yang lain?

    terima kasih penjelasannya noz..😀

    salam,

    • Hello Agus, terima kasih sudah bertanya sesuatu untuk berdiskusi dengan topik yang menarik, yang saya maksud dari kalimat “back end platform untuk membuat aplikasi real time“?” adalah serupa dengan penjelasan dari Guillermo Rauch:
      “A great fit for the realtime web. Since you take control of the web server, Node.js is uniquely suited for the advance of the realtime web.”
      Nah kalau menurut Agus, untuk monitoring server, biasanya data apa yang dibutuhkan secara real time dan server apa?

      Salam juga, let’s talk😀

      • “Nah kalau menurut Agus, untuk monitoring server, biasanya data apa yang dibutuhkan secara real time dan server apa?”

        kalo monitoring router menggunakan server MRTG data yang dibutuhkan biasanya isinya status koneksi router, maksudnya routernya up atau down. Jadi, harus mendapatkan data yang realtime, agar langsung tahu bagaimana cara troubleshootingnya, atau mengindentifikasi penyebab masalah pada router tsb.

  2. mau nanya nih, dari tadi baca artikelnya ane harap ngerti tapi ternyata tidak:D
    bisa dikasi contoh implementasi nya dalam sebuah website?
    misalnya kalau pake nodejs begini kalau enggak pake begini., trus kekurangan dan kelebihannya.
    thanks ya..

    • Oh, okay. Kalau minta dikasih contoh untuk implementasinya dalam sebuah website, saya akan coba gunakan kasus berikut:
      “Sebagai web developer saya ingin implementasi feature chat agar pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan pengelola web.”
      Saya mungkin bisa coba untuk implementsikan feature chat itu dengan menggunakan NodeJS.
      Mungkin kamu mau baca artikel berikut:
      http://jamesburkhart.com/building-a-nodejs-events-app-using-rabbitmq-w
      biar lebih paham, why they use NodeJS.
      Pertanyaan yang musti kamu jawab nanti, “kenapa website yang akan dibangun perlu menggunakan NodeJS? Website seperti yang akan saya bangun sampai harus menggunakan NodeJS?”
      HTH

  3. Pingback: Kalau ada yang bertanya apa itu Node.js | Muhammad Ghazali's Online Notes

  4. saya ini masih lagi tidak ketemuan server yang cocok untuk aplikasi nodejs. Selain heroku apa ada hosting yang gratis? Selain chat, apa ada lain aplikasi yang kita boleh contohi

Leave a Reply

