Lebih memilih menggunakan JSHint dibandingkan JSLint untuk melakukan static code analysis

Saya membutuhkan kakas

Hello, pagi ini adalah Sabtu yang dingin karena kemarin malam Bandung diguyur hujan yang nampaknya turun dengan ragu-ragu. Beberapa hari yang lalu saya juga mencari tahu kakas yang tepat untuk proyek yang saat ini sedang saya kerjakan di DyCode. Kakas yang sedang saya cari tersebut akan digunakan untuk melakukan static code analysis [1].  Sedikit informasi mengenai proyek yang sedang saya kerjakan saat ini adalah sebuah aplikasi NodeJS yang keseluruhannya kodenya ditulis dalam JavaScript. Jadi, saya membutuhkan kakas untuk melakukan static code analysis terhadap kode yang ditulis dalam JavaScript.

Mencari petunjuk

Saya mencoba mencari petunjuk dengan berkunjung ke salah satu proyek bernama idiomatic.js, lalu melihat bagian “Code Quality: Awesome Tools, Resources & References” di berkas Readme. Dituliskan ada beberapa kakas yang digunakan yaitu:

  • jsPerf
  • jsFiddle
  • jsbin
  • JavaScript Lint (JSL)
  • jshint
  • jslint

Setelah melihat daftar tersebut muncul pertanyaan, kakas mana yang bisa saya gunakan melalui command line interface (CLI)? Apakah jsPerf bisa saya gunakan di cli? Apakah saya bisa gunakan JSHint di cli? Jadi, kakas mana yang harus saya gunakan?

Apakah JSHint dan JSLint di NodeJS?

Saya memulai eksplorasi dengan mencari tahu lebih lanjut tentang JSHint dan JSLint dengan alasan kedua kakas tersebut bisa saya gunakan di NodeJS. Kemudian saya mengetahui bahwa JSLint tidak begitu nyaman untuk digunakan setelah membaca tulisan Anton Kovalyov yang berjudul Why I forked JSLint to JSHint. Jadi saya tidak perlu mengalokasikan waktu untuk bereksperimen dengan JSLint. Jadi, untuk saat ini saya memutuskan untuk menggunakan JSHint dan bereksperimen lebih jauh.

Kenapa saya lebih memilih menggunakan JSHint dibandingkan JSLint? Jawabannya cukup sederhana, saya menggunakan JSHint agar saya bisa menentukan konfigurasi pribadi. Lihat contoh konfigurasi pribadi yang saya maksud di sumber kode examples/config.json di repository JSHint untuk NodeJS.

Referensi

Referensi menarik untuk mengetahui lebih banyak tentang static code analysis:

  1. Static Program Analysis
  2. Software Engineering Radio Podcast: Episode 59 – Static Code Analysis
  3. Leveraging Code Quality Tools

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s