Node.js Journey Guide for Beginners Like Me

Sudah sejak lama saya mengetahui NodeJS. Sejak akhir tahun 2011 yang lalu saya sudah mengetahui NodeJS dan saya tidak begitu ingat secara detail kenapa waktu itu saya bisa tertarik untuk mengetahui tentang NodeJS. Persisnya saya pertama kali mendengar nama NodeJS dari seorang teman saya Yohan Totting yang waktu itu dia sedang mengerjakan platform yang dibuat di atas NodeJS. Waktu itu saya tidak begitu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang NodeJS.

Saya baru tertarik untuk mengetahui NodeJS lebih lanjut pada saat salah satu teman saya membuat tweet tentang NodeJS dan saya juga tidak begitu ingat detail tweet yang dibuat. Pada saat itu muncul pertanyaan “What the hell NodeJS is?“, “Apa yang membuat orang-orang tertarik dan merasa perlu untuk menggunakan NodeJS?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul pada kisaran antara bulan Oktober dan November 2012. Pada saat itulah petualangan untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai NodeJS dimulai. Are you interested to know more about the NodeJS? If yes, then you better continue to read this post until the end of post.

Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut tentang NodeJS, di bawah ini adalah daftar tautan yang bisa kalian ikuti untuk memulai NodeJS journey for beginners like you.

  1. Node.js, Doctor’s Offices and Fast Food Restaurants – Understanding Event-driven Programming
  2. Why Everyone Is Talking About Node
  3. Felix’s Node.js Guide
  4. Node.js is Important. An Introduction
  5. Just what is Node.js?
  6. The Node Beginner Book

Setelah kalian mencari tahu tentang NodeJS melalui tautan-tautan di atas, kalian akan segera mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Apa paradigma pemrograman yang digunakan NodeJS?
  2. Aplikasi seperti apa yang cocok untuk didukung oleh NodeJS?

Hope you enjoy the journey, good luck!

5 thoughts on “Node.js Journey Guide for Beginners Like Me

Leave a Reply

