How to add a new field into an existing document

Di Jumat pagi hari yang indah saat saya sedang bermain-main dengan MongoDB, muncul pertanyaan:

Bagaimana saya menambahkan field baru ke document yang sudah ada?

Kondisi saya pagi ini dihadapkan pada document yang sudah ada sebelumnya dan ingin menambahkan field baru ke dalam document tersebut. Document tersebut memiliki field-field berikut:

  • fullName
  • email
  • birthday
Sedangkan field yang ingin saya tambahkan adalah field bernama jobTitle. Balik lagi ke pertanyaan yang saya ajukan sebelumnya, bagaimana saya menambahkan field baru ke document yang sudah ada?

Untuk mencoba menjawab pertanyaan tersebut saya membaca dokumentasi MongoDB yang berjudul Updating dan nampaknya setelah saya membaca dokumentasi tersebut pertanyaan masih belum juga terjawab. Saya mencari referensi lain melalui Google dan mendapatkan tutorial The MongoDB Tutorial yang memberikan tutor mengenai penggunaan beberapa perintah query di MongoDB. Dari tutorial tersebut saya menjadi tahu bagaimana cara menambahkan field baru ke document yang sudah ada dengan menggunakan perintah query berikut:

db.things.update({fullName: “Muhammad Ghazali”}, {‘$set’: {jobTitle: “Software Engineer”}})

Ingin tahu lebih lanjut mengenai Querying di MongoDB silahkan baca dokumentasinya di tautan berikut: http://www.mongodb.org/display/DOCS/Querying.

Enjoy!

Leave a Reply

