Sebagian besar orang hanya memperdulikan tampilan

Design Inspiration: Stylish Toilets and Bidets Design from Stile

Hallo,

apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat selalu. Di pagi buta hari Sabtu ini saya menulis blog post ini dalam keadaan yang baru saja sembuh dari sakit flu, batuk dan efek terlalu capek dalam bekerja. Sakitnya tidak terlalu berat memang, tetapi cukup mengganggu aktivitas harian saya sehingga memerlukan kurang lebih 2 hari untuk istirahat total. Yeah, this morning I’m back!

Di pagi yang sunyi ini saya memulai kegiatan hari Sabut ini dengan kegiatan yang tidak terlalu berat, yaitu membaca artikel mengenai user experience design yang berjudul “A prototype is worth a thousand words“. Saya tidak akan membahas mengenai apa yang saya pelajari dari artikel tersebut, tetapi mengenai pemikiran dari kutipan yang saya baca dari artikel tersebut:

Design isn’t just how it looks, Design is how it works

Steve Jobs

Kutipan diatas terdengar begitu dalam bukan? Makna yang saya tangkap dari kutipan diatas adalah desain yang bagus bukan hanya soal bagaimana sesuatu ditampilkan terlihat relatif baik, tetapi juga bagaimana sesuatu ditampilkan dengan baik dan berfungsi dengan benar. Sayangnya “sebagian besar orang” yang pernah saya temui seringkali hanya memperdulikan tampilan bagus dari perangkat lunak yang dibuat, tanpa memikirkan bahwa fitur-fitur yang dibuat juga harus bekerja sebagus desain tampilan yang dibuat.

Rasanya menyedihkan jika menemui perangkat lunak yang memiliki antarmuka yang relatif sangat bagus tetapi fitur-fitur yang ditampilkan tidak berjalan dengan baik. Analoginya seperti Anda ingin terlihat elegan dengan menggunakan busana yang mahal atau mewah tetapi cara berjalan Anda masih belum terlihat lebih elegan dari busana yang dipakai.

Jadi, kesimpulan yang saya ambil adalah antarmuka yang bagus itu hanyalah sebagian kecil kriteria dari perangkat lunak yang bagus. Anda tidak mau kan ketika menggunakan perangkat lunak dengan tampilan yang bagus, lalu ketika Anda menekan tombol “Calculate it!” perangkat lunak tidak melakukan apa pun, dan itu adalah momen yang cukup menyebalkan.

Jadi, Anda masih bersikeras bahwa pengguna itu hanya memperdulikan tampilan saja atau punya pendapat yang lebih baik?

Leave a Reply

