Bagaimana saya memperbaharui nodejs yang sudah terpasang ke versi stabil yang terbaru?

Update Process

Update Process

Di hari minggu pagi buta ini saya merasa kurang puas dengan versi nodejs yang sedang saya gunakan saat ini, yaitu nodejs v0.5.11-pre. Oh ya, sebelum berlanjut saya asumsikan Anda sebagai pembaca sudah melakukan pemasangan nodejs yang langkah-langkahnya dijelaskan pada halaman wiki berikut:

https://github.com/joyent/node/wiki/Installation

Saya ingin memperbaharui dengan nodejs versi stabil terbaru saat saya tulis blog post ini, yaitu v0.6.0 yang dirilis pada 2011.11.04. Penasaran dengan hal ini, maka saya lakukan pencarian dengan dengan kata kunci “how to update nodejs” melalui mesin pencari Google dan tautan menarik yang saya dapatkan adalah:

http://groups.google.com/group/nodejs/browse_thread/thread/15b1588d51f2efd2

Pada diskusi di mailing list tersebut ada pertanyaan dari salah satu anggota yang pertanyaannya serupa dengan apa yang sedang pertanyakan saat ini “Bagaimana saya memperbaharui nodejs yang sudah terpasang ke versi stabil yang terbaru?”
Dari diskusi tersebut saya mendapatkan snippet command yang perlu dijalankan untuk memperbaharui nodejs ke versi stabil yang terbaru:

https://gist.github.com/318ccfeebbc4f1264a99

Jadi, untuk melakukan langkah pembaharuan nodejs ke versi terbaru bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pindahkan working directory ke direktori nodejs. Pada development environment yang saya gunakan nodejs dipasang pada direktori /opt/node.
    cd /opt/node
  2. Unduh sumber kode terbaru nodejs dari official repository (https://github.com/joyent/node).
    sudo git fetch origin
  3. Checkout a branch or paths to the working tree. Pada hal ini saya ingin memperbaharui nodejs ke versi stabil v0.6.0.
    sudo git tag -l # tampilkan daftar nama tag yang ada
    sudo git checkout v0.6.0 # checkout nodejs versi stabil v0.6.0
  4. Configure sudo
    sudo./configure
  5. Do make
    sudo make
  6. Do make install
    sudo make install

Jadi, proses pembaharuannya tidak sulit dan saat ini saya merasa puas dengan versi nodejs yang terpasang pada development environment saya saat ini. Development environment yang saya gunakan pada saya melakukan pembaharuan ini adalah Ubuntu Linux 11.04 dan git 1.7.4.1.

Leave a Reply

