Gunakan package Nodemailer atau node_mailer untuk mengirim e-mail melalui backend Blaast

Bagaimana saya mengirimkan e-mail?

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami kegalauan karena bingung tentang bagaimana caranya agar aplikasi Blaast yang sedang saya kembangkan ini bisa mengirimkan e-mail ke pengguna aplikasi?

Kenapa saya membutuhkan layanan e-mail? Katakanlah saat ini saya sedang mengembangkan aplikasi bernama X-MAIL-123. Saya membutuhkan layanan e-mail untuk mengirimkan invitation kepada pengguna aplikasi X-MAIL-123. Invitation yang dikirim ke masing-masing alamat e-mail pengguna merupakan bagian dari fitur notifikasi aplikasi tersebut.

Mendapatkan petunjuk setelah bertemu Blaast engineer

Beruntunglah Senin yang lalu, 4 Juli 2011 diadakan Blaast Meetup dan membuat saya mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan salah satu Blaast engineer, Ziyad Bazed. Saya sempat berdiskusi dengan dia tentang kegalauan yang sedang saya hadapi ini dan dia memberikan petunjuk bahwa saya bisa mengirimkan e-mail melalui backend Blaast dengan menggunakan salah satu package berikut :

  1. Nodemailer

    Nodemailer

    Nodemailer

  2. node_mailer

    node_mailer

    node_mailer

Fitur yang disediakan oleh Nodemailer

Fitur-fitur yang bisa kita gunakan Nodemailer:

  • Unicode to use any characters
  • HTML content as well as plain text alternative
  • Attachments
  • Embedded images in HTML
  • SSL/TLS for secure e-mail delivery

Fitur yang disediakan oleh node_mailer

Fitur-fitur yang bisa kita gunakan dari node_mailer :

  • Super simple api
  • Emails are blasted out asynchronously
  • Uses connection pooling per SMTP server
  • Super simple built in templates using Mustache.js

Kesimpulan

Setelah membaca daftar fiturnya, kemungkinan besar saya akan menggunakan Nodemailer. Jangan lupa, untuk menggunakan package ini harus tersedia STMP server.

Saya rasa kegalauan yang saya alami ini karena kurang teliti dalam membaca dokumentasi yang tersedia tentang server-side libraries yang bisa digunakan di backend Blaast. Jadi, all of you don’t forget to RTFM (Read the fucking manual).

Enjoy!

4 thoughts on “Gunakan package Nodemailer atau node_mailer untuk mengirim e-mail melalui backend Blaast

  1. Pingback: [Developer Post] Gunakan package Nodemailer atau node_mailer untuk mengirim e-mail melalui backend Blaast | BlaastDevID

Leave a Reply

