Apakah Java ME saat ini masih relevan untuk digunakan?

Pagi ini saya sedang bersemangat sekali untuk membaca buku. Pagi ini buku yang sedang saya baca adalah Kicking butt with MIDP and MSA : creating great mobile applications yang ditulis oleh Jonathan Knudsen. Ada beberapa bagian yang musti saya ingat kembali, jadi saya membaca bab-bab awal dari buku tersebut. Setelah membaca bab pengantar pada buku tersebut, saya merasa tertarik untuk membahas soal mengapa MIDP masih begitu populer untuk digunakan. Bila ada diantara teman-teman yang memiliki pertanyaan serupa, berikut adalah alasan mengapa MIDP begitu populer:

The reason MIDP is so popular with device manufacturers and wireless network operators (carriers) is the JVM. Native applications execute instructions directly on a device’s processor. Badly behaved native applications can crash the entire device. A badly behaved Java technology–based application (Java application) will, at worst, crash the JVM, leaving the rest of the device still running smoothly. Device manufacturers and carriers like this design because it gives their users a degree of safety in running third-party software.

Kutipan diatas saya ambil dari buku yang sedang saya baca tersebut. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benak saya saat ini adalah:

  1. Apakah saat ini MIDP masih populer di kalangan mobile application developer?
  2. Bagaimana dengan prospek MIDP saat ini?
  3. Platform mana yang akan saya pilih untuk mengembangkan mobile application? Java ME, Android atau Blackberry?

Saat ini banyak sekali pilihan platform yang bisa digunakan oleh para mobile application developer. Dan jika saya akan mengembangkan aplikasi, saya akan bertanya terlebih dahulu “Mengapa saya harus menggunakan platform tersebut?” Dan jika berbicara lebih umum lagi, saat ini Java ME masih relevan untuk digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile. Coba lihat saja Facebook yang mengumumkan aplikasi terbarunya yang dikembangkan menggunakan Java ME, Facebook for Feature Phones.

Facebook has announced a new mobile app, targeted at regular cellphone users rather than those with smartphones. Facebook for Feature Phones is a Java app, and will reportedly work on more than 2,500 devices from Nokia, Sony Ericsson, LG and others…

Dan berdasarkan Research and Markets: Mobile Developers Rate AT&T Best in North America 2010 Volume 2, survey menunjukkan bahwa:

Java is the most targeted platform with 62% currently creating mobile Java apps more than iPhone, Android, or any other platform.

Jadi, saya pikir Java ME masih relevan untuk dijadikan sebagai platform pilihan dalam mengembangkan aplikasi mobile. Bagaimana dengan Anda? Platform apa yang akan akan Anda gunakan dalam mengembangkan aplikasi mobile dan mengapa Anda menggunakan platform tersebut?

Leave a Reply

