Tertarik menginvestasikan waktu untuk mempelajari MongoDB

got mongoDB sticker at MeetUp by arome2, on Flickr

got mongoDB sticker at MeetUp by arome2, on Flickr

Sudah cukup lama saya tidak ngeblog. Terakhir kali saya menulis tentang Java User MeetUp 8 Mei 2010 yang lalu. Hari minggu pagi ini pada saat sebelum menulis ini, saya membaca timeline Twitter di account saya. Ada salah satu tweet dari TemanMacet yang membuat saya tertarik untuk ditelusuri. Tweet tersebut isinya begini:

“ep.49 Didit Mijix berbicara soal MongoDB http://ow.ly/17Zcol

Jika Anda menelusuri tautan tersebut akan dibawa ke salah satu halaman situs TemanMacet yang judulnya sama dengan isi dari tweet yang saya kutip diatas tersebut. Bila Anda memang benar menelusuri tautan tersebut, coba untuk mengunduh podcast yang ada dihalaman tersebut. Pada podcast yang berdurasi 37 menit 4 detik tersebut Ronal Widha membicarakan MongoDB bersama Didit Noer.

Dari situ saya baru tahu kalau MongoDB merupakan salah satu implementasi dari NoSQL yang dikategorikan ke dalam document store atau document oriented database. Setelah mendengarkan podcast tersebut saya tertarik menginvestasikan waktu untuk mempelajari MongoDB, apalagi setelah mendengar perbincangan di podcast tersebut jika “MongoDB berkali lipat lebih cepat daripada tradisional Database”.

Karena saya masih belum mengetahui tentang NoSQL, saya mengunjungi halaman-halaman berikut untuk mengetahui NoSQL itu apa:

  1. NoSQL from Wikipedia
  2. NoSQL archives

Setelah saya mengetahui sedikit tentang NoSQL akan diteruskan dengan mengunjungi dokumentasi MongoDB. Apabila Anda juga seorang Java programmer seperti saya, bisa mengunjungi Java Language Center yang ada pada situs MongoDB.

Oke, saya harap dari apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat dan juga bisa memacu Anda untuk mempelajari hal-hal (teknologi) baru. Bila ada diantara teman-teman yang sudah lebih dulu mempelajari MongoDB, jangan ragu untuk memberikan komentar mengenai pengalaman dalam menggunakan MongoDB, atau siapaun yang lain silahkan beri komentarnya seputar NoSQL dan MongoDB.

Enjoy!

6 thoughts on “Tertarik menginvestasikan waktu untuk mempelajari MongoDB

  1. Pingback: Menggunakan Tiny MongoDB Browser Shell « Muhammad Ghazali's Online Notes

Leave a Reply

