Notice: A session had already been started – ignoring session_start()

Apa yang terjadi?

Pada saat saya sedang mengerjakan sebuah proyek kecil yang menggunakan bahasa pemrograman PHP saya mendapati pemberitahuan sebagai berikut ketika saya mencoba login form yang menggunakan session.

Notice: A session had already been started – ignoring session_start()

A session had already been started - ignoring session_start()

A session had already been started - ignoring session_start()

Solusi

Setelah membaca-baca berbagai referensi yang ada hal peringatan tersebut muncul dikarenakan:

You are now seeing the warning message because you code has two or more calls to session_start.

Untuk menghilangkan “peringatan” tersebut saya ubah beberapa bagian dengan menambahkan struktur if untuk melakukan pengecekan apakah session sudah di-set atau belum, berikut bagian saya tambahkan:

if (!isset($_SESSION)) {
    session_start();
}

Sumber

Agar lebih jelas teman-teman bisa melihat lebih lanjut pada referensi-referensi yang saya baca pada link berikut:

  1. Referensi 1
  2. Cari di google dengan kata kunci “A session had already been started – ignoring session_start()

8 thoughts on “Notice: A session had already been started – ignoring session_start()

  1. Untuk PHP versi 5 karena setting default register_globa = off, maka sebaiknya jangan gunakan session_register() tapi gunakan $_SESSION[‘nama_session’];

Leave a Reply

