Pengantar Java

Pendahuluan

Pada catatan ini kita akan mempelajari latar belakang Java mulai dari sejarahnya, teknologi Java, dan keistimewaan dari teknologi Java sepeti Java Virtual Machine (JVM), garbage collection dan keamanan kode. Selain itu juga akan dibahas tahap dari pemrograman Java.

Sejarah Java

Java dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling (Sun Microsystems), pada awalnya dinamakan Oak, tetapi karena sudah ada bahasa yang memakai nama Oak kemudian diganti menjadi Java.

Awal mulanya Java dibuat untuk kebutuhan sebagai bahasa yang platform independent yang dapat di embedded dalam bermacam-macam consumer electronic products seperti pemanggang roti dan refrigerator (kulkas). Salah satu proyek pertama yang dikembangkan menggunakan Java adalah personal hand-held remote control yang dinamakan Star 7. Pada saat yang sama, World Wide Web (WWW) dan Internet sedang mengalami masa kepopuleran. Gosling menyadari bahwa Java dapat digunakan untuk pemrograman Internet.

Teknologi Java

Apa itu teknologi Java? Teknologi Java adalah bahasa pemrograman, development environment, application environment dan deployment environment.

Sebagai bahasa pemrograman, dengan bahasa Java kita dapat membuat berbagai macam aplikasi seperti yang dapat kita buat dengan menggunakan bahasa konvensional apapun.

Sebagai development environment, teknologi Java menyediakan sederetan besar tools seperti compiler (javac), interpreter (java), documentation generator (javadoc), tool untuk pemaketan file class, dan seterusnya.

Aplikasi teknologi Java merupakan program untuk kegunaan umum (general-purpose) yang dapat berjalan pada mesin (komputer) apapun dimana dengan Java Runtime Environment terpasang.

Ada dua deployment environment utama:

  • JRE yang disediakan Java 2 Software Development Kit (SDK) berisi kumpulan lengkap file-file class untuk semua paket teknologi Java, dimana di dalamnya termasuk class-class dasar bahasa, class-class komponen GUI, dan seterusnya.

  • Deployment environment utama yang lainnya adalah web browser. Kebanyakan browser komersial menyediakan interpreter dan runtime environment teknologi Java.

Fitur-fitur Java

Beberapa fitur Java adalah Java Virtual Machine, Garbage Collection, keamanan kode. Java Virtual Machine merupakan mesin imajiner (imaginary machine) yang diimplementasikan oleh software emulasi diatas mesin nyata. Selain itu JVM juga menyediakan spesifikasi platform hardware untuk yang mana kita melakukan compile semua kode teknologi Java. Hasil compile dari program Java akan menghasilkan bytcode yang merupakan bahasa mesin khusus yang dapat dimengerti oleh Java Virtual Machine. Bytcode yang dihasilkan ini bersifat independen, jadi setiap komputer yang terpasang Java interpreter dapat mengeksekusi program Java yang sudah di-compile, tidak peduli apa tipe komputer yang digunakan untuk meng-compile program tersebut.

Garbage collection thread bertanggung jawab untuk membebaskan memori apa saja yang dapat dibebaskan. Proses ini terjadi secara otomatis selama lifetime dari program Java. Programmer tidak lagi disusahkan dengan tugas untuk mendealokasikan memori yang sudah dipakai program tersebut.

Kode keamanan dicapai melalui implementasi dari JRE-nya. JRE menjalankan kode yang sudah dicompile untuk JVM dan melakukan class loading (melalui class loader), verifikasi kode (melalui bytecode verifier) dan akhirnya eksekusi kode. Class loader bertanggung jawab untuk me-load semua class-class untuk program Java. Selain itu juga menambahkan keamanan dengan memisahkan namespace untuk class-class dari sistem file lokal dengan yang di-import dari network sources. Setelah me-load semua class-class, susunan memori dari executable ditentukan. Ini menambahkan perlindungan terhadap akses yang tidak sah ke area terbatas dari kode sejak memori ditentukan pada waktu runtime. Bytecode verifier bertugas untuk menguji format dari fragment kode dan memeriksa kodel ilegal dari fragment kode yang dapat melanggar hak akses ke objek.

Tahap Pemrograman Java

Dalam pemrograman terdapat tiga tahap, yaitu write, compile, dan run. Pada tabel di bawah merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai tools yang digunakan dan hasil output dari proses tersebut.

Tugas Tools yang digunakan Output
Menulis program Menggunakan teks editor apapun File dengan ekstensi .java
Meng-compile program Java compiler (javac) File dengan ekstensi .class (Java bytecode)
Menjalankan program Java interpreter (java) Output program

An overview of the software development process

An overview of the software development process

Referensi

  1. “Introduction to Java”, http://www.javapassion.com/javase/javaintro.pdf

Download

  1. ghaNOZ 2480 – Pengantar Java, http://ghanoz2480.files.wordpress.com/2008/12/ghanoz-2480-pengantar-java.pdf
  2. ghaNOZ 2480 – Pengantar Java, http://www.ziddu.com/download/2900132/ghaNOZ2480-PengantarJava.pdf.html

Revision History
ghaNOZ 2480

One thought on “Pengantar Java

  1. mau tanya mas ghozali… saya sdh instal netbeans 6.1 untuk editor Java tapi uml ketinggalan, apakah bisa di download file uml dan langsung bisa dirun saat netbeans loading ? kalau bisa dimana alamat download uml netbeans 6.. Terima kasih atas infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s