Kesalahan Program:Salah Penempatan Statement return

Apa yang terjadi?

Apa yang terjadi? Saya pun bertanya-tanya saat program java dibawah ini saya compile. Jadi program ini merupakan contoh dari salah satu buku, saya mencoba beberapa contoh program (dibawah ini merupakan salah satu programnya) tersebut namun ada satu program yang mengalami kesalahan. Simak bagian berikutnya untuk mengetahui apa yang saya dapati.

Hasil compile

Maaf bila terganggu dengan coretan putih di atas karena yang dicoret tersebut merupakan judul buku tersebut. Dari hasil compile tersebut diberitahukan terdapat dua kesalahan, selanjutnya saya lakukan debugging terhadap program. Untuk kesalahan pertama saya bisa memahaminya, saya coba menghilangkan statement break lalu saya compile kembali dan satu kesalahan (error) hilang, tinggal kesalahan yang kedua tadi yang masih muncul (“missing return statement”) padahal jelas sekali pada program tersebut terdapat pernyataan return. Dari sini saya ambil kesimpulan bahwa penempatan return pada blok method tersebut salah. Lihat gambar di bawah ini dimana statement return yang saya lingkari tersebut yang saya anggap salah dalam penempatannya.

Apa yang saya lakukan terhadap program tersebut?

Program tersebut hanya saya ubah sedikit saja, saya membuat variabel baru untuk menampung hasil pembandingan, jadi hasil pembandingan tersebut akan ditampung oleh variabel “hasil”, dan isi dari variabel “hasil” inilah yang akan di-return.

Lalu saya lakukan compile kembali dan hasilnya program tersebut berhasil di-compile tanpa error.

Kesimpulan

Dari kesalahan saya menyimpulkan bila ada statement-statement (seperti yang terdapat pada program diatas) yang berlangsung di dalam method yang menghasilkan sesuatu, lebih baik hasil tersebut ditampung terlebih dahulu dalam suatu variabel baru setelah itu di-return.

Download Tulisan

2 thoughts on “Kesalahan Program:Salah Penempatan Statement return

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s