Pengantar Java Platform

Apa yang dibutuhkan?

Sebelum kita bisa membuat aplikasi yang ditulis dengan bahasa Java, dibutuhkan Java Platform Standard Edition (Java SE) development kit. Developemnt kit itu berisi Java Virtual Machine (JVM), core Application Programming Interface (API), dan kompiler yang digunakan untuk development.

Untuk pengguna Mac sebaiknya mengunjungi http://developer.apple.com/java/ (Mac OS X Java Runtime Environment).

Jika ingin mengerjakan dalam Integrated Development Environment (IDE), kunjungi http://java.sun.com/javase/downloads/ (untuk men-download Java SE dengan NetBeans IDE).

Untuk beberapa proyek, mungkin Anda membutuhkan berkas tambahan. Tetapi jika Anda masih belum mengetahui apa yang Anda butuhkan Java SE saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda sampai familiar dengan Java platform. Di bawah ini yang adalah yang populer untuk di-download.

  • Java SE

    Anda bisa mendapatkan Java SE di http://java.sun.com/javase/, kit ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan semua aplikasi, kecuali yang dirancang khusus untuk perlengkapan konsumen (consumer devices) digunakan Java Platform Micro Edition (Java ME). Java SE terdiri dari kompiler, runtime environment, dan core API.

  • Java Platform Enterprise Edition (Java EE)

    Anda bisa mendapatkannya di http://java.sun.com/javaee/. Paket ini terdiri dari application server, dan teknologi JavaServerPages (JSP). Gunakan J2EE dengan Java SE.

  • Java Platform Micro Edition (Java ME)

    Anda bisa mendapatkannya di http://java.sun.com/javame/. Digunakan jika ingin menghasilkan program untuk Palm Pilots, screen phones, dan consumer device yang lainnya. Java ME menyediakan tools untuk compiling, deployment, dan konfigurasi alat (device configuration), dan API yang dikhususkan untuk setiap device.

  • JavaFX Script Technology

    Anda bisa mendapatkannya di https://openjfx.dev.java.net/. JavaFX Script Technology merupakan bahasa scripting yang sangat produktif, yang memungkinkan pembuat content (content developers) untuk membuat media yang kaya dan content untuk deployment pada Java environments.

Development kit yang sudah dijelaskan diatas memasukkan API yang dibutuhkan untuk berbagai macam tipe aplikasi apapun yang Anda hasilkan dalam bahasa pemrograman Java.

Java API adalah kumpulan (libraries) dari kode yang sudah disusun, untuk menambahkan fungsionalitas yang sudah dibuat dan dapat dirubah, sehingga menghemat waktu coding.

Program-program Java dieksekusi dalam program yang dinamakan JVM (Java Virtual Machine) daripada dijalankan langsung pada sistem operasi (native operating systems), program di-interpreted oleh JVM untuk native operating systems. Hal tersebut membuat program yang ditulis dengan bahasa Java dapat berjalan dari satu platform ke platform lainnya. Dengan kata lain kita dapat membuat program di Solaris, Linux, Macintosh, atau Windows, dan dapat dijalankan pada server atau platform yang lain.

Membuat Program Java dengan Three Basic Flavors

Setelah Anda memiliki development kit yang dibutuhkan, baru kita bisa menulis program dalam bahasa Java. Kita dapat menulis program dengan tiga basic flavors, yaitu applet, aplikasi dan servlets/JSP pages. Applet berjalan dalam JVM yang ditambah ke dalam web browser, aplikasi berjalan dalam JVM yang ter-install dalam sistem komputer, dan yang terakhir servlets/JSP berjalan dalam JVM yang ter-install dalam web server.

Sedangkan applet dan aplikasi biasanya memiliki suatu antar muka (user interface) yang dipasangkan dengan fungsionalitas backend, servlet hanya menyediakan fungsionalitas backend saja.

Antar muka yang digunakan untuk servlet biasanya dalam bentuk HTML pada browser yang men-invoke servlet, tetapi setiap applet atau aplikasi yang membuka permintaan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dapat memanggil sebuah servlet. Dan sebaliknya, JSP, menggabungkan servlet dan HTML ke dalam satu komponen. Selain menggunakan halaman HTML dengan servlet terpisah, Anda bisa menggunakan halaman HTML dengan tag HTML yang biasa (regular) dengan gabungan scriptles, potongan-potongan pendek kode. Seluruh halaman lalu mengolahnya ke dalam servlet ketika diakses atau diserahkan dan hasilnya kembali ke halaman HTML yang sama, yang mengandung kode tersebut.

Sumber

  1. Nourie, D., and Pawlan, M., “Introduction to Java Platform”, Updated July 2007, http://java.sun.com/new2java/programming/intro/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s